wisata kuliner

JEMBATAN AMPERA, SUNGAI MUSI, DAN RIVERSIDE RESTO [mw iskandar]

20161105_183025

Terpesona aku melihat wajahnya
Tatkala aku duduk di dekatnya
Sebiduk seiring kali menyeberang
Berperahu ke seberang sungai Musi

Ombak pun datang
Perahu pun oleng
Tersentuhlah ia olehku

Terkejut tiba-tiba dia menolehku
Ku genggam tangannya halus mulus
Namun sayang seribu kali sayang
Sang biduk telah merapat ke pantai

Hari sabtu ini saya kedatangan teman-teman kuliah dari Jakarta. Tentu saja saya sudah menyiapan itinerary standard yang akan saya jalankan bila kedatangan tamu. Setelah saya ajak ke Taman Purbakala Sriwijaya dan Bait al-Qur’an al-Akbar, saya ajak mereka untuk makan malam di Restoran Riverside di kompleks Benteng Kuto Besak.

Restoran Riverside adalah sebuah mini paket untuk melihat Palembang selintas. Mengapa dikatakan demikian?

Pertama, Anda akan melihat ikon kota Palembang yang utama, yaitu Jembatan Ampera. Semua tamu tentu ingin melihat ikon kota ini, dan saat yang paling tepat adalah menjelang malam hari. Kala gelap datang, jembatan ampera akan beranti kostum warna-warni dengan permainan lampu LED yang luar biasa cantik. Anda bisa mengabadikan momen istimewa  hanya dengan duduk di restoran pinggi kali ini.

Kedua, Anda juga akan melihat lalu lintas di sungai Musi, sebuah sungai yang membelah kota Palembang dan menjadi muara bagi 9 sungai besar lainnya. Perahu dan kapal sedang hilir mudik di sungai musi ini mengingatkan kita pada lagu yang dinyanyikan Tantowi Yahya di atas.

Ketiga, Anda dapat pula melihat Benteng Kuto Besa (BKB) dan Museum Sultan Mahmud Badaruddin II. Dan bila Anda melempar pandangan ke seberang sungai, tampaklah Kampung Kapitan; jejak pertama keturunan Tionghoa di Palembang. Nun, lebih ke hilir, terdapat perkampungan al-Munawwar; bukti asimilasi masyarakat Palembang dengan pendatang Arab.

Dan terakhir, Anda akan melihat Palembang dari sisi kulinari. Yah…restoran ini menyajikan berbagai makanan asli Palembang, terutama makanan berbahan ikan, seperti pindang dll. Bagi anda yang menyukai makanan lain, jangan khawatir, restoran ini kaya menu koq.

Teman-teman saya sangat excited diajak ke sini. Jembatan ampera yang memesona segera menjadi point of view yang menggoda. Tidak perlu menunggu lama, balkon restoran langsung menjadi ajang selfie dan wefie dengan latar belakang Jembatan Ampera. Kami memesan berbagai menu yang tampaknya semua lezat. Tentu saya bangga mempromosikan gulai pindang  kepada teman-teman saya ini. Alhamdulillah mereka menyukainya.

Bila datang ke restoran ini, ada salah satu menu wajib kesukaan putri kecil kami; Kepiting Saus Tiram. So, saya memesan seekor kepiting dengan berat 10 ons (Rp.35.000/ons). Secara fisik,  menu kepiting ini sangat menggoda. Berwarna merah karena berlimpah saus tiram. Aromanya langsung menseduce lidah dan tangan.  Ketika mendarat di lidah, rasanya  benar-benar maknyus dengan dagingnya yang tebal. Tentu tidak sulit mengobrak-abrik kepiting dengan ukuran sebesar ini, di  samping juga memang disediakan alat penghancur cangkang.

Palembang sangat kaya dengan ikan, baik tawar maupun laut. Kabupaten Banyuasin yang berbatasan langsung dengan selat bangka adalah sumber utama makanan laut masyarakat Palembang. Saya pernah berkunjung ke daerah Sungsang (kabupaten Banyuasin) dalam sebuat tugas mengajar di Universitas Terbuka. Manakala usai mengajar, kami terkadang dibekali kepiting, udang, dan ikan-ikan lainnya.

Dalam rangka hari gizi nasional, saya sedikit ingin mengulas masakan Kepiting yang sangat menggugah selera ini. Apalagi ia sangat disukai oleh putri kami yang berumur 11 tahun. Apakah ia bagus dikonsumsi oleh anak-anak? Bagaimanakah pula bila ia dikonsumsi oleh orang dewasa? Amankah? Sejujurnya, saya koq agak ngeri-ngeri sedap mencoba menu kepiting. Mitosnya sih tinggi kolesterol.

Untunglah peringatan hari gizi nasional kita diingatkan untuk kembali mereview makanan kita sehari-hari. Dan inilah hasil review menu kepiting yang telah mengubah mindset saya.

Menurut sumber yang saya baca, kepiting sudah bisa diperkenalkan kepada anak sejak usia 9 bulan. Tentu saja selama anak tidak punya bakat alergi terhadap pangan laut. Kandungan gizi kepiting sangat bagus karena memiliki sumber protein yang sangat tinggi yang berguna untuk perkembangan otak anak. Selain itu, kepiting merupakan sumber vitamin A, C, dan vitaman B termasuk B12, serta mineral seperti zink dan tembaga.

Orang dewasa juga dianjurkan mengkonsumsi kepiting karena kandungan selenium di dalamnya beraktivitas sebagai anti oksidan sehingga dapat mencegah kanker. Nah, bagi anda yang bermasalah dengan gula darah (diabetes) dianjurkan juga mengkonsumsi kepiting.  Kepiting memiliki beberapa kromium yang dianggap sebagai mineral yang berguna jika Anda memiliki resistensi insulin. Ia dapat meningkatkan metabolisme gula darah.

image by pixay.com

Singkat cerita, kepiting merupakan tambahan yang sangat baik untuk makanan diet sehat. Hal ini karena daging kepiting sangat rendah kalori dengan hanya sekitar 85-90 per 100 gr (tergantung pada jenis kepiting). Daging kepiting ini memang mengandung lemak, tapi umumnya lemak tak jenuh yang dianggap sangat baik untuk jantung yang sehat. Kepiting juga merupakan sumber gizi alami omega-3 asam lemak, yang dapat membantu untuk meningkatkan memori, mengurangi kemungkinan terkena serangan jantung, menurunkan risiko kanker, dan mungkin membantu mengatasi depresi dan kecemasan. Bahkan, studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi makanan yang kaya asam lemak omega-3 dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan mengurangi kolesterol buruk (LDL).

Malam semakin berkuasa. Seporsi menu kepiting dan teman-temannya telah tandas.  Sayup-sayup, terdengar lagi lagu Sebiduk Sungai di Musi dari dalam restoran Riverside yang berbentuk kapal. Teman-teman dari Jakarta telah mematri kenangannya di pinggir sungai ini; sungai musi.

Terpesona aku melihat wajahnya
Tatkala aku duduk di dekatnya
Sebiduk seiring kali menyeberang
Berperahu ke seberang sungai Musi

 Ombak pun datang
Perahu pun oleng
Tersentuhlah ia olehku

 Terkejut tiba-tiba dia menolehku
Ku genggam tangannya yang halus mulus
Namun sayang seribu kali sayang
Sang biduk telah merapat ke pantai

Restoran Riverside

Alamat: Jl. Rumah Bari, Kompleks Benteng Kuto Besak, Palembang Sumsel.

Nomor Telepon: (0711) 368222

Jam buka: 07.00-23.00

Sumber bacaan:

http://www.manfaatcaramengatasi.com/2016/04/10-manfaat-kepiting-dan-kandungan.html

https://tipsehatcantikalami.blogspot.co.id/2012/10/kandungan-gizi-kepiting-yang-sehat.html

https://www.ibudanbalita.com/forum/diskusi/umur-berapa-batita-boleh-mulai-makan-udang-atau-kepiting

2 pemikiran pada “wisata kuliner

Tinggalkan komentar